Partai Politik Berhentilah Menjadi Pengkhianat Suara Rakyat

Oleh Julius Salang

STUNTING itu adalah sebuah kondisi di mana seseorang, atau seorang anak mengalami gangguan dalam pertumbuhannya.

Kurang lebih, seperti itulah analogi untuk menggambarkan kondisi demokrasi Indonesia saat ini. Demokrasi Indonesia saat ini terancam mengalami gangguan dalam pertumbuhannya.

Pertumbungan demokrasi mengalami gangguan karena partai politik yang harus berfungsi sebagai penyanggah demokrasi justru mengkianati suara rakyat.

Suara rakyat adalah esensi dari demokrasi itu sendiri. Suara rakyat adalah jiwa dari demokrasi. Mengkianati suara rakyat berarti membunuh dan mematikan demokrasi.

Ancaman terhadap kehidupan dan pertumbuhan demokrasi dapat kita telusuri pada peristiwa-peristiwa politik sebelum Pemilu 14 Februari. Telah banyak ulasan tentang hal itu.

Dan oleh karena itu, kita tidak ingin menambah ulasannya. Paling tidak supaya kita tidak terpenjara oleh trauma politik masa lalu.

Kita harus menatap masa depan kita dengan sikap kritis untuk mengawasi perilaku partai politik kita yang cenderung berorientasi pada kekuasaan. Mereka tidak berorientasi pada suara rakyat yang memilih mereka.

BACA JUGA:
Suara PSI Meledak, Bawaslu-KPU Tidak Kredibel
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More